Labels

Selasa, 12 Juni 2012

TAK ADA JALAN PINTAS JADI ORANG HEBAT


Sebuah riset menyimpulkan bahwa ternyata orang- orang sukses dibidangnya membutuhkan latihan 10 ribu jam untuk mencapai kesuksesannya. Karena itu, untuk menjadi penulis handal anda juga perlu latihan sejumlah waktu tersebut. Pada dasarnya menulis itu bukannlah bakat yang diturunkan secara genetik. Menulis adalah sebuah kemampuan yang dihasilkan oleh kemampuanyang dihasilkan oleh latihan dan kebiasaan. Singkatnya, tidak ada jalan pintas menjadi penulis hebat.


Mengikuti training penulisan instan atau membaca buku bertema “Menjadi Penulis dalam 24 Jam” memantg dapat meningkatkan skill menulis, tapi tidak dapat mengubah Anda menjadi ahli dalam sekejab. Dalam 24 jam Anda hanya akan diajarakan 24 metode global dan tidak mendalam. Anda hanya ditunjukkan teori dan contoh-contoh sederhana yang belum mewakili seluruh kenyataan. Dan dalam waktu sesingkat itu Anda belum belajar dari kesalahan, kelebihan dan kekurangan secara lebih detail.
Mengasah ketajaman pena hanya dengan latihan. Aplikasikan apa yang telah Anda pelajari dalam training ke dalam karya tulis.lalu, pelajari kesalahan dan kesuksesannya. Lama kelamaan akan muncul writing habits atau kebiasaan menulis.
Kadang muncul pertanyaan, dari man saya mulai kebisaan ini? Jawabannya tentu mulai dari sekarang. Sebuah paper tidak akan terisi tulisan secara tiba-tiba. Tidak ada cara untuk membuatnya menjadi nyata kecuali dengan segera take action.
Berikutnya, manfaatkan fasilitas yang ada. Belajar menuls tidak harus dimulai saat sarana tersedia lengkap. Jika kita membayangkan apa saja yang perlu disediakan untuk dapat menghasilkan karya, mungkin kita memikirkan ; 1 unit computer atau laptop, bolpoin, pensil, printer, 1rim kertas, meja, kursi, buku-buku referensi, kopi dan camilan ringan. Nah, apakah sarana tersebut tersedia? Ternyata hanya ada kertas dan pensil. Lal;u apakah Anda harus menunggu alat tersedia baru menulis? Tentu saja tidak,. Muhammad Natsir  mengajarkan para generasi mudah agar tidak terlalu bergantung kepada  fasilitas. “Mulailah dari apa yang ada. Sebab, yang ada itu lebih dari cukup untuk memulai.”
Langkah berikutnya, menulis dengan penuh antusias dsan kreatif. Jika ingin menjadi penulis hebat, Anda    harus antusias dan menemukan gaya yang pas. Anda memang  membutuhkan 10 tahun atau 10.000 jam. Tapi bukaqn berarti menulis deengan metode atau gaya yang mirip selama sepuluh  tahun.
Seseorang yang menghabiskan 10.000 jam tetap bisa dikalahkan oleh pemula yang latihannya kurang dari itu. Yang membedakannya ialah isi latihan. Pemula yang mau mempelajari gaya para penulis ahli lalu mengemplementasikannya kedalam karyanya. Kemudian menganalisa apa  saja yang memmbuat tulisannya bagus dan berkualitas, akan lebih unggul dari pada pemain lama yang gaya itu-itu saja.Betul tidak??????

0 komentar:

Posting Komentar