Labels

Jumat, 03 Mei 2013

Tiga Cara Menjaga Mata


Hobi membaca buku atau menatap layar monitor karena tuntutan kerja? Pasti melelahkan bukan. Tidak hanya mata saja yang lelah, bagian tubuh yang lain juga bisa merasakan dampaknya, seperti leher pegal, kepala pening dan persendian nyeri.bila hal ini sering terjadi, bisa jadi mata kita akan bertambah aksesorisnya, alias pakai kaca mata.
Nah, sebelum ini terjadi, kita perlu mencoba tiga cara ringan ini untuk menjaga kesehatan mata kita.

Pertama, kedipkan mata kita lebih banyak dari biasanya setelah beberapa puluh menit membaca atau menatap layar monitor.
Menurut Dr. Edward Mendelson, Seorang peneliti dari University of Texas, “Tiap 20 menit, pengguna computer harus berhenti selama 20 detik dan melihat objek lain sejauh 20 kaki (sekitar 6 meter).” Saran ini ditujukan pada orang-orang yang setiap hari menghabiskan waktunya selama 3 jam atau lebih  di depan computer. Berkedip adalah cara alami untuk menjaga mata tetap lembab, dan kedipan itu sendiri sangat membantu pelumasan maupun penyegaran mata.
Kedua, usahakan tidak mengucek mata ketika tangan dalam keadaan kotor atau habis memegang suatu benda, keyboard misalnya, atau buku yang berdebu. Tangan yang kotor dapat menginfeksi organ matayang akan berakibat sangat buruk untuk kesehatan mata.
Ketiga, bacalah buku pada jarak yang ideal, begitu juga dengan menatap layar monitor. Jarak ideal yang dimaksud yaitu membaca pada jarak 25 cm – 30 cm dari buku/monitor. Hal ini untuk mencegah penyakit mata seperti miopi atau rabun dekat. Perlu diperhatikan juga, jangan membaca dalam keadaan tidur, selamat mencoba.

0 komentar:

Posting Komentar